Oke, pertama gw kasih tau dulu klo gw kuliah di BiNus jurusan Teknik Informatika, dan sekarang gw baru masuk semester 2, di semester 2 ini ada yang menarik wat gw. Gw dapet mata kuliah Character Building I, dan baru kemaren gw di kasih tes untuk menentukan temperamen gw.

Ada empat tipe temperamen yang biasanya didominasi salah satu cairan badaniah.

  • Sifat kering terdapat pada chole (empedu kuning)
  • Sifat basah terdapat pada melanchole (empedu hitam)
  • Sifat dingin terdapat dalam phlegma (lendir)
  • Sifat panas terdapat dalam sanguis (darah)
Apabila suatu cairan tersebut dominan maka akan mengakibatkan adanya sifat-sifat kejiwaan yang khas.

Cairan Badan yang dominan :
  • Chole (tipe khasnya kholeris) : semangat besar, keras, hatinya mudah terbakar, daya juang besar, optimistis.
  • Melanchole (tipe khasnya melankolis) : mudah kecewa, daya juang kecil, muram, pesimistis.
  • Phlegma (tipe khasnya phlegmatis) : tak suka terburu-buru (kalem, tenang), tak mudah dipengaruhi, setia.
  • Sanguis (tipe khasnya sanguinis): hidup, mudah berganti haluan, ramah
Setelah melalui tes dengan menjawab bayak pertanyaan seputar kehidupan gw dapetin skor tertinggi unutk sifat Melankolis dan Phlegmatis = 68.5% dan 68%.

Melankolis

Kekuatan
  • Cenderung berbakat
  • Analitis, filosofis
  • Estetis, teratur, rapi
  • Rela berkorban
  • Serius dan tekun
  • Disiplin
  • Idealis
Kelemahan
  • Pemurung
  • Berpusat pada diri
  • Pembalas
  • Perasa
  • Sangat teoretis
  • Kurang bermasyarakat
  • Berpikir negatif tentang diri sendiri
Phlegmatis

Kekuatan
  • Tenang, kalem
  • Tidak peduli
  • Dapat diandalkan
  • Objektif
  • Efisien dan teratur
  • Praktis, humoris
  • Emosi stabil
Kelemahan
  • Tidak punya motivasi
  • Suka menunda-nunda
  • Egois, kikir
  • Tidak tegas
  • Penakut
  • Suka khawatir

Banyak bagusnya tapi gag sedikit pula jeleknya....

Leave a Reply